Kamis, 04 Juni 2015

Bibit Anggur

Menumbuhkan cutting anggur ternyata susah-susah gampang, Kenapa saya bilang susah-susah gampang? Ya itu tadi, pas jumpa gampangnya kalau ditancap langsung suprot tunasnya gak perlu pake perangsang akar. Dan  kalau pas jumpa susahnya sudah dikasih perangsang akar pun ternyata cutting ngambek tidak mau suprot, alhasil cutting jadi jamuran busuk atau kering. Dan yang paling penting dari semuanya untuk keberhasilan dalam menumbuhkan bibit anggur dari cutting ialah menjaga kelembaban tanah dan mengatur sinar matahari terhadap bibit tanaman juga sangat perlu di perhatikan.

Berharap bibit-bibit anggur ku tumbuh dengan subur, biar bisa pindah ke lahan tahun depan......
Nah ini dia, bibit-bibit anggur yang baru saja tunas, masih baby dan perlu perawatan dan perhatian yang lebih
Red Globe
Red Globe
Red Ausie
Red Ausie
Red Ausie
Red Ausie
White Long Malta
White Long Malta 
Marro
Marro

Perkembangan bibit anggurku bervariasi. Ada sebagian yang ngacir dan sebagian lagi co.id alias mati tidak ada yang memperhatikan, cuma mengandalkan seleksi alam, haha... RG yang ditinggal masih mengeluarkan tunas baru sekarang tumbuh subur dengan daun yang lebat, begitu pula dengan White long Malta dan Black Long Malta pertumbuhannya sangat baik. sementara itu Jupiter yang sudah mulai tunas mati karena busuk akar, terkena air hujan setiap hari. Damaskus, Crimson, dan Attika mulai menunjukkan kehidupan, tunas baru suprot dari budnya.

damascus

Damaskus (Turkey) yang seminggu lalu ditancap, cutting pertama sudah mulai tunas baru sedangkan cutting yang satunya lagi akar makin gondrong tetapi belum bertunas. sementara kondisi cutting memiliki bud yang cukup banyak setelah saya hitung kira-kira ada sembilan bud, rencananya mau di dipotong bagi dua tapi belum sempat.

Crimson (Turkey) sudah ada tanda-tanda kehidupan, tunas sudah keluar semua, semoga varian Crimson tumbuh dengan sumbur di daerah ini dan dapat bertahan hingga berbuah kelak, amiinn.


White Long Malta makin seger dan ngacir aja bertunas, sekarang daun sudah banyak dan lebat, warna daun setelah di perhatikan dengan seksama tidak berwarna hijau, tetapi cendrung berwarna kuning ke coklat-coklatan, semoga aja bukan penyakit tanamaannya.

Black Long Malta pertumbuhannya agak lambat. mungkin di karenakan terkena air hujan yang berlebihan ke dalam potnya, sehingga mengganggu pertumbuhan akarnya.



Pertumbuhan RG – Red Globe (Malta) sehat dan cepat sekali berkembang, sepertinya tahan akan hujan, berharap semoga saja bertahan hingga bisa berbuah dan panen.

2 komentar: