Minggu, 07 Juni 2015

Sekilas Tentang Tanaman Anggur

Dalam artikel kali ini saya ingin mengulas tentang tanaman anggur, yang merupakan salah satu tanaman pavorit saya untuk dipelihara dan dirawat.


Cuaca yang baik dan sinar matahari yang cukup akan menjadikan tanaman yang sehat sehingga untuk pertumbuhan dari mula tanam hingga satu tahun kedepan tanaman siap untuk tahun berikutnya menghasilkan buah.

Dalam menumbuhkan tanaman anggur, pertama saya akan mendefinisikan dua golongan yang paling penting. Memilih tempat menanam dan varietas yang akan di tanam. Pada perinsipnya, pohon anggur bisa tumbuh dimana saja, namun untuk menghasilkan buah yang berkualitas, iklim sangat berpengaruh.


Tempat yang baik untuk menanam anggur harus cerah dalam arti kata mendapatkan sinar matahari yang cukup dan terlindungi dari angin dan musim hujan. Untuk seorang pemula menanam anggur disarankan sebaiknya tanam di dekat pagar, untuk memudahkan training dan pruning. Untuk metode penanaman pohon anggur tergantung pada jenis tanah. Tetapi biasanya pada tanah berpasir disarankan untuk menanam tanaman merambat ini. Dan agar tidak menanam tanaman anggur secara spontan, dalam arti kata anda tidak bisa melihat arahan, perencanaan plot pohon anggur yang diperlukan.

Anggur memiliki plastisitas ekologi tinggi, yaitu kemampuan untuk dengan mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berbeda. sebelumnya anggur tumbuh dengan liar merayap di tanah. Pohon anggur sangat tahan cuaca panas dan sinar matahari yang cukup. namun, terbukti secara empiris bahwa suhu optimal untuk fotosintesis adalah 25-30 derajat. Suhu kritis adalah 45 derajat.

berikut akan saya tampilkan tahap pertumbuhan anggur secara bertahap:
1. Penanam dari cautting
Banyak metode dan cara menanam bibit dari cutting, ada yang langsung di tanam dalam pot, di pendam dengan media tanah berpasir sampai keluar akar, dan perendaman dengan air bersih hingga bertunas dan berakar.
Semai langsung dipot
                                                  
                                                
Semai cutting dengan cara di rendam sebagian dengan air
                                 
2. Suprout (Tunas baru akan muncul untuk menjadi batang utama)

3. Pertumbuhan bibit anggur akan terus tumbuh hingga mengahasilkan batang berukuran spidol selanjurnya bisa di lakukan pembentukan batang sekunder.

4. Training batang tanaman; Pohon tanaman anggur yang yang sudah mencapai tinggi kira-kira 2 meter sebaiknya segera dilakukan training batang tanaman untuk memudahkan perawatan dan pembentukan cabang skunder.

5. Dormant/Stres air
Dalam memelihara tanaman anggur yang perlu di perhatikan adalah masa dormant yaitu, suatu keadaan berhenti tumbuh yang dialami organisme hidup atau bagiannya sebagai tanggapan atas suatu keadaan yang tidak mendukung pertumbuhan normal. dengan demikian, dormansi merupakan suatu reaksi atas keadaan fisik atau lingkungan tertentu. Pemicu dormasi dapat bersifat mekanis, keadaan fisik lingkunagan, atau kimiawi.

Jadi, masa Dormant dapat dikatakan masa istirahat tananaman dimana aliran getah belum dimulai. biasanya di negara yang memiliki empat musim, masa dormant terjadi di musim salju, dimana batang tanaman anggur direbahkan sejajar dengan tanah dan ditutup dengan plastik atau terpal agar tidak tertimbun dengan salju, dan apabila musim salju telah berlalu dan musim semi datang, maka batang tanaman anggur yang direbahkan akan kembali ditegakkan untuk selanjutnya untuk menghasilkan buah.

Di negara kita dormansi dapat diakali dengan dilakukannya stress air. Tanda-tanda pohon anggur telah dilakukan stess air adalah; menguningnya sebagian daun dan gugur dengan sendirinya. biasanya stress air dilakukan selama 1 bulan untuk tanaman siap produksi yang ditanam di tanah.

6. Pemupukan dan Penyiraman jenuh.
Setelah dilakukannya stress air, maka langkah selanjutnya yang perlu di perhatikan adalah pemupukan disertai penyiranaman jenuh tanaman selama 1 minggu, untuk mengembalikan masa subur tanaman dan menyiapkan tumbuhnya tunas-tunas pembawa buah yang sehat.

7. Pemangkasan/Pruning.
Untuk menghasilkan buah pada tanaman anggur perlu dilakukan pemangkasan. dan ada dua jenis pemangkasan pada tanaman anggur. yaitu spur dana cane pruning.
Perbedaan spur dana cane pruning dapat dilihat digambar berikut ini:



Pada tahun pertama, untuk tanaman yang siap produksi/menghasilkan buah, dibutuhkan pohon dengan sistem akar yang berkembang dengan baik dan di pangkas sampai 15 cm dari permukaan tanah. dan memiliki dua mata tunas, dan hanya perlu mempertahankan 1 mata tunas saja untuk berkembang dan tumbuh, kemudian mengikatnya ke tiang dengan ketinggian lebih kurang 1.8m-2m.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar