Jumat, 21 Agustus 2015

Bertanam Bibit Anggur


Akhir- akhir ini banyak teman-teman menanyakan bagaimana cara menanam bibit anggur yang benar, banyak faktor yang menjadi kendala dan penyebab kegagalan dalam menumbuhkan bibit anggur. Dan kali ini saya akan membahas bagai mana cara menanam bibit anggur yang benar, semoga cara-cara yang saya terapkan ini dapat membantu teman-teman semuanya.


Untuk meumbuhkan bibit cuttingan ada yang perlu di perhatikan agar penyemaian dapat berhasil.
Gambar 1 - Cutting sehat
Gambar 2 - Cutting tidak sehat (sudah kering)
Perhatikan gambar - 1, menunjukkan bagian tengah cutting masih berwarna hijau yang menandakan cutting tersebut sehat, ukuran cutting lebih kurang seukuran Pingsil atau seukuran spidol dan yang terpenting adalah cuttingan telah berkambium (pinggiran batang telah berwarna cokelat).

Hidari memilih cutting dengan bagian tengah seperti gambar - 2, cutting yang bagian tengahnya telah mengering tidak dapat ditumbuhkan karena tidak ada pasokan nutrisi yang akan mendorong mata bud dapat budbreak dan tumbuh.


 



Langkah selanjutnya adalah mengerat bagian bawah dan bagian ruas paling bawah cutting untuk merangsang pembentukan akar.







Cara penyemaian bibit cuttingan yang paling mudah adalah dengan merendam bagian bawah cutting dengan media lembab (kapas basah) atau bisa langsung dengan air, perhatikan gambar di atas agar jelas.

Setelah akar terbentuk dan pertumbuhan daun cukup sehat dan siap, maka langkah selanjutnya adalah pemindahan bibit cuttingan ke media tanam.




SELAMAT MENCOBA

4 komentar:

  1. Ichsan Dulu Gondrong22 Agustus 2015 07.51

    ijin nyimak dan belajar mba

    BalasHapus
  2. Silahkan bg ichsan, semoga membantu, hehehe,,,

    BalasHapus