Rabu, 20 Januari 2016

Tahun Pertama Varietas B-2




Ketika pertama kali saya menyemai bibit Anggur varietas B2, untuk tahap pertama pertumbuhan sangat sehat dan vigor. Saat berusia 2 bulan setelah semai, saya moncoba mencakok salah satu cabang dibagian bawah batang induk. Semula semuanya baik-baik saja, pertumbuhan cangkokan sehat dan tanaman induk pun tumbuh dengan cepat. Namun, ketika saya memisahkan tanaman baru yang dicangkok dari batang induknya, pertumbuhan tanaman induk mulai memperlihatkan gejala yang tidak baik. dimulai dari pertumbuhan yang melambat, bagian batang dan daun mulai di penuhi dengan jamur putih yang sering kita sebut dengan powdery mildew dan akhirnya stagnan.

Powdery Mildew merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur yang biasa menyerang seluruh bagian tanaman anggur yang berwarna hijau, penyebaran jamur ini sering terbawa hembusan angin. Tanaman yang terjangkit jamur ini biasanya dipicu oleh kelembaban udara yang tinggi dan sirkulasi udara yang buruk, terutama pada musim hujan, cuaca mendung disiang hari yang hangat. 

Untuk menghindari luasnya penyebaran jamur ini, tanaman yang terjangkit jamur harus segera dilakukan tindakan pencegahan yang bisa dilakukan dengan penjarangan daun dan cabang secara berkala pada area yang tumbuh lebat dan terlalu rapat agar sirkulasi udara membaik dan penetrasi cahaya matahari meningkat sehingga pertumbuhan dan penyebaran jamur bisa diredam. Untuk serangan skala kecil sebaiknya bagian yang teinfeksi segera di potong dan dibakar.

Untuk kasus pada tanaman  anggur varietas B2 yang terjangkit jamur ini saya ambil tindakan pemangkasan total sekaligus pembentukan cabang sekunder, dimana ini saya lakukan dengan harapan tanaman yang stagnan dan terjangkit jamur dapat tumbuh kembali dengan baik. Volume media tanam saya  tambah hingga penuh sampai bibir pot, sekaligus pukan saya tambahkan untuk memicu pertumbuhan tunas yang sehat.
25 hsp



25 hsp 

Dan hari ini lebih kurang 25 hsp untuk pembentukkan cabang sekunder, ternyata tunas yang tumbuh membawa bonus. Dua malai bunga dari satu mata tunas sekunder menampakkan kemolekkannya. saya berharap semoga saya tidak diphpin, hehe,, ngarep.com
Karakter daun dan tunas muda

Menurut beberapa sumber B-2 termasuk jenis Grape Female Flower dimana pembuahannya harus dibantu oleh penyerbukan bunga grape varietas lain. Akan tetapi disini, varietas B-2 yang saya miliki ketika berbunga hingga pembentukan buah, penyerbukan tidak dibantu oleh penyerbukan dari bunga varietas lainnya. namun penyerbukan B-2 alami dari penyerbukan bunganya sendiri. Hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi saya bahwa B-2 bukanlah termasuk varietas yang Female Flower, atau kemungkinan lainnya adalah kesalahan pemberian Tag label varietas bibit saat pengiriman. 


Baca juga : Varietas B-2










Tidak ada komentar:

Posting Komentar