Selasa, 09 Februari 2016

Belajar Mengembangkan Varietas Baru dari Buah Anggur

http://stanleyconsortium.com

Dalam dunia pengangguran tentu sudah banyak varietas anggur yang kita ketahui jenisnya, tapi pernahkah kita berfikir untuk menciptakan sendiri varietas baru dari buah anggur tersebut. Untuk menghasilkan varietas baru tentu ini cukup menguras waktu, pikiran dan tenaga. Namun bila berhasil siapa sangka nantinya varietas baru ini dapat menjadi kepuasan tersendiri bagi kita dalam merawatnya.

Nah, sekarang mari kita belajar dan mempelajari cara mengembangkan varietas baru buah anggur dari varietas yang telah kita miliki di rumah. Yang perlu kita persiapkan adalah tanaman induk yang akan dilakukan pernyerbukan silang, tentunya tanaman Induk yang sedang berbunga.


Kebanyakan varietas anggur memiliki bunga biseksual dan hermafrodit, biasanya menyerbuk sendiri. Kepala putik diserbuki serbuk sari yang berkembang pada saat sama atau serbuk sari yang berasal dari bunga anggur lain di dekatnya. 

Untuk melakukan penyerbukan silang yang perlu diperhatikan adalah mencegah proses penyerbukan sendiri atau penyerbukan Intravarietal (serbuk sari dari bunga - bunga tanaman anggur yang tumbuh disekitar tanaman Induk). Pencegahan penyerbukan sendiri ini harus dilakukan dengan cara penghapusan/menghilangkan serbuk sari (pengebirian) yang dilakukan mulai 2-3 hari sebelum berbunga/bunga merekah. Pengebirian dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa pinset, dengan memotong semua bagian serbuk sari dan hanya menyisakan bagian kepala putik saja.
http://vinograd.info

Setelah pengebirian perbungaan selesai, bunga harus segera diisolasi dengan bungkusan kertas yang terbuat dari kertas roti, bungkusan isolasi dapat menyerupai kantong. Pengisolasian dimaksudkan untuk tercapainya proses hibridisasi, dengan tujuan untuk mencegah kemungkinan kontaminasi dari serbuk sari yang terbawa oleh serangga dan angin pada saat penyerbukaan sendiri bunga lainnya. Penyerbukan bunga dengan tipe female flower hibridisasi tidak perlu dilakukan karena serbuk sari dari bunga- bunga jenis ini tidak mampu membuahi, namun bunga -bunga ini sebelum penyerbukan buatan juga harus terisolasi.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengumpulkan serbuk sari yang akan digunakan untuk penyerbukan buatan. Serbuk sari dapat kita peroleh dengan cara mengambilnya dari bunga tanamaman induk lainnya yang akan disilangkan, yaitu dengan cara mengoyang - goyang bunga hingga serbuk sari jatuh dan menampungnya dengan kantong kertas. Selain cara tersebut dapat juga dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan bantuan kuas, sikat karet / bulu yang lembut dengan cara menyisir bunga yang akan diambil serbuk sarinya. Setelah serbuk sari terkumpul dan cukup, serbuk sari tersebut dikeringkan di tempat teduh dan kemudian disimpan dalam kondisi kering sampai saat diperlukan untuk dilakukannya penyerbukan silang.


Ketika melakukan peroses penyerbukan yang perlu dilakukan adalah dengan membuka kantung isolasi calon bunga yang telah dikebiri dan akan diserbuki. Kemudian dapat dilakukan pengolesan serbuk sari yang telah dikumpulkan sebelumnya dengan bantuan kuas kecil atau kapas. Penyerbukan dianjurkan untuk diulang 2 - 3 hari setelah pengolesan serbuk sari sebelumnya dilakukan. 

Langkah selanjutnya adalah dengan menungggu kepala putik berkembang menjadi buah hingga buah masak dan biji dapat dipanen. untuk menghasilkan  varietas baru adalah dengan mengumpulkan biji yang kita panen dari hasil buah yang berasal dari penyerbukan silang sebelumnya. Biji - biji tersebut direndam dalam air selama dua hari dan kemudian air dibuang dan dapat dipersiapkan media tidur (masa dormant biji anggur) berupa campuran tanah yang hitam dan pasir. Biji - biji tersebut di dicampur dengan campuraan media tanah dan pasir kemudian dimasukkan kedalam kantung plastik dan diberi label. Plastik yang berisi biji-biji tersebut disimpan dalam kulkas untuk tercapainya dormant biji selama dua atau tiga bulan masa dormant. Setelah masa dorman biji selesai, selanjutnya adalah proses penyemaian dimedia tanam dengan suhu ruangan hangat. Bila proses pendormanan biji berjalan dengan baik maka bisanya pada hari ketujuh atau delapan biji mulai retak dan akar muncul dihari kesepuluh. 


http://stranaoblakov.ru

Dan untuk lebih jelasnya cara penyemaian dari biji dapat dilihat DISINI

Postingan ini akan terus disempurnakan selama proses pembelajaran. 
Selamat belajar dan selamat berpraktek ria. Jadilah Petani dan penghobies yang Kreatif :D
Salam Penganguran
All For Grape  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar