Jumat, 05 Februari 2016

Lebah Si Polinator


Lebah adalah hewan yang mendapat wahyu dari Allah SWT. 
"Buatlah sarang-sarang dibukit - bukit, dipohon - pohon kayu dan ditempat - tampat yang di buat manusia" (QS An Nahl 68)
"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar- benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang - orang yang memikirkannya." (QS An Nahl 69)
Maksud ayat diatas mengajak manusia untuk menggunakan akalnya demi memperoleh pelajaran dari lebah untuk mengetahui kebesaran Allah SWT.

Tidakkah kita ingin hidup seperti LEBAH, laksana hidup lebah mengambil yang baik memberi yang terbaik, saling kerja sama, mengerti tugas dan fungsinya, menjadi sahabat bagi yang baik, menjadi musuh bagi pengganggu, Kerja Ikhlas sekuat tenaga, bila berjuang rela berpulang sebelum menang. Hidup bersama saling berbagi, hidup indah tiada sedih.

Menurut hasil kajian Ilmuwan, Ada beberapa sifat yang istimewa dari lebah tersebut, diantaranya:

1. Lebah selalu mengikuti petunjuk Allah.
2. Lebah Memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik.
3. Lebah memiliki perencanaan dan kerja yang matang.
4. Lebah adalah binatang bersih dan cinta kebersihan.
5. Bila hinggap di ranting dan membuat sarang, ranting yang di hinggapi lebah tidak goyang dan patah.
6. Lebah tidak akan menyakiti kecuali disakiti

Selain sifat istimewa lebah ada juga tugas dan fungsi lebah yang memberikan manfaat bagi tanaman yang dihampirinya yaitu membantu penyerbukan bagi tanaman. Lebah merupakan serangga satu-satunya yang dalam menjalankan tugasnya tidak menimbulkan akibat fatal yang merugikan tanaman. Berbeda dengan kupu-kupu misalnya, tidak ada yang menyangkal bahwa kupu-kupu yang menghisap madu mampu membantu menempelkan serbuk sari pada kepala putik sebuah bunga dan akan mempermudah proses pembentukan buah. Akan tetapi kupu-kupu menuntut balas jasa yang kadang kelewat mahal. Ratusan butir telurnya menempel pada daun, kemudian menetas menjadi ulat yang rakus mengunyah tanaman.


Lebah merupakan serangga penyerbuk (polinator) tanaman yang paling penting dialam dibandingkan angin, air dan serangga lainnya. Banyak peneliti mengungkapkan bahwa terdapat kenaikan produksi jika sejumlah koloni lebah diletakkan disekitar lokasi tanaman. Terdapat simbolis mutualisme antara lebah dan bunga tanaman. Lebah mendapatkan nektar dan polen dari bunga, sedangkan bunga dibantu penyerbukannya oleh lebah. Diantara jenis serangga yang ada, lebah madu dianggap sebagai serangga penyerbuk yang paling penting. Anggapan ini berdasarkan bebrapa hal, diantaranya : lebah madu dapat melakukan penyerbukan paling efisien, populasi lebah madu dalam koloni mudah diatur baik jumlah maupun waktu untuk keperluan penyerbukan tersebut. Sangat efisiennya lebah madu dalam menyerbukkan bunga tananam disebabkan badan serangga tersebut dilengkapi dengan organ semacm rambut atau bulu-bulu yang tumbuh lebat baik pada badan maupun kakinya sengingga dapat mengangkut tepung sari dalam jumlah besar serta selanjutnya memindahkan terpung sari ke kepala putik dalam jumlah cukup. Aktivitas lebah tersebut dilakukan secara tidak sengaja pada saat pencarian nektar dan tepung sari sebagai pakan untuk koloninya. Bagian kaki lebah madu yang penuh rambut tersebut disebut poolen basket.



Sumber : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar