Rabu, 03 Februari 2016

Penyerbukan Buatan Pada Tanaman Anggur


 
http://boleznisada.ru


Di alam, tanaman anggur memiliki empat jenis bunga yaitu : hermafrodit, funsional laki -laki, fungsional perempuan dan transisi dari staminal ke biseksual.
Kebanyakan bunga - bunga yang dibudidayakan verietas anggur adalah biseksual atau fungsional perempuan, jenis lainnya hanyalah spesies liar. Ada banyak varietas yang tanpa penyerbukan serbuk sari asing tidak membentuk buah. Ini yang sering kita sebut dengan varietas tipe bunga fungsional perempuan. Dan untuk kebun - kebun industri, varietas ini ditanam berselang seling dengan varietas biseksual, ditanam dalam dua baris yang menungkinkan dapat terjadi penyerbukan silang alami oleh angin.
  
Penyerbukan Buatan

Untuk penyerbukan buatan menggunakan serbuk sari yang berasal dari bunga fusional biseksual, yang selama periode berbunga dipindahkan ke kelas dengan tipe funsional perempuan. Dalam rangka meningkatkan produktivitas membuat penyerbukan tambahan spesies biseksual. Penyerbukan buatan anggur dengan bunga biseksual  dapat meningkatkan hasil hingga 20 persen, dan anggur dengan bunga fungsional perempuan - 40 persen.

Fase bunga tanaman merambat memiliki masa relatif singkat sekitar 9 -14 hari dengan suhu harian rata - rata diatas + 15
° C, namun kondisi optimal diciptakan pada + 25 - 35 ° C dan kelembaban normal. Waktu doopyleniya sekitar jam pagi ( 08.00 - 12.00), dan dalam cuaca berawan - sepanjang hari. Ketika cuaca berembun dan berkabut sebaiknya penyerbukan tidak dilakukan, karena sebuk sari harus kering. Hal ini diketahui bahwa penyerbukan alami dilakukan oleh berbagai serangga dan angin. Sering juga terjadi bahwa angin bertiup dalam satu arah selama periode berbunga dan karena itu tidak terjadinya doopylyayutsya perbungaan, maka perlu dilakukannya doopylenie penyerbukan buatan.

Perlu diingat bahwa waktu berbunga varietas tertentu hanya berlangsung 5 - 6 hari, dan kita harus memiliki tanaman dengan waktu penyerbukan (dooplit) dua kali. maka yang perlu dilakukan adalah mengatur waktu pangkas tanaman, agar dapat dilakukan penyerbukan buatan pada varietas tipe bunga fungsional perempuan, bersamaan dengan waktu berbunga dengan varietas tipe lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar