Jumat, 05 Februari 2016

Stimulan Natural Rooting



Mari kita belajar cara perbanyakan tanaman dengan stek. Hampir kita sering mendapatkan kondisi permasalahan dalam membentuk akar pada bibit stek.  Untuk mempercepat proses, dapat kita gunakan beberapa zat perangsanga akar,  dan yang dikenal dengan ZPT. Namun juga tidak menutup kemungkinan dapat kita gunakan cara alami untuk merangsang akar pada bibit stek.

Beberapa solusi untuk ZPT alami yang sering teruji adalah sebagai berikut :

1. Madu - 1 sendok teh madu dilarutkan dengan 1.5 ltr air. Solusi tangkai ditempatkan di sepertiga dan didiamkan dalam larutan tersebut selama 12 jam.

2. Kentang - Hilangkan semua mata tunas kentang, lalu dapat dilakukan sayatan dan memasukkan potongan stek kedalamnya. Dengan nutrsi dan kandungan air dalam kentang dapat dengan cepat merangsang pengakaran.

3. Jus Lidah buaya, ternyata juga dapat menjadi ZPT. caranya dalam 1 ltr air diberi 3-7 tetes jus lidah buaya. Ini tidak hanya merangsang akar tetapi juga merangsang sistem kekebalan batang stek dari pemotongan.

4. Bawang merah - selain memiliki kandungan vitamin C, kalium, Kalsium, zat besi, asam folat dan serat, juga mengandung zat pengatur tumbuh berupa hormon auksin,  dan giberelin. Caranya, Ambil 10 - 15 siung bawang merah blender hingga halus tambahkan air bersih 1 liter dan diaduk hingga rata. Saring larutan sersebut hingga terpisah dari ampasnya, ZPT alami siap digunakan. 

5. Bagian pucuk/tunas muda tanaman anggur juga mengandung zat perangsang tumbuh. caranya dengan melumatkan bagian tunas muda dan mengoleskannya ke batang tanaman yang akan distek, diamkan/diangin-anginkan beberapa jam,  batang stek siap di tanam.

Itulah beberapa ZPT Alami yang ada disekitar kita yang dapat digunakan untuk merangsang akar dan memperbanyak tanaman dengan cara stek. 








2 komentar: