Rabu, 17 Januari 2018

Mari Menanam

Diawal tahun 2018 ini saya ingin mencoba memulai mengembangkan varietas baru yang belum saya miliki. saya harap tahun ini adalah tahun yang baik menanam anggur, dimana sebelumnya beberapa varietas terserang beberapa hama dan guyuran air hujan yang membuat pertumbuhannya menjadi lemot (lambat / stagnan).



Cutting yang baru datang dari pengiriman selama di perjalanan tentu banyak kehilangan cadangan air didalam batangnya dan kering, untuk itu langkah awal yang perlu dilakukan ketika cutting diterima adalah dengan merendamnya dengan air bersih, agar kondisi cutting kembali fresh dan siap di tanam.


Mulailah memilih media tanam yang tepat bagi calon bibit, disini saya memakai campuran tanah pasir, tanah merah dan solid (limbah pabrik sawit). usahakan agar tekstur media tanam gembur dengan tujuan untuk proses pertumbuhan akar baik dan sehat.

Jaga kelembaban tanah dan suhu udara saat penanaman, sebaiknya tanam bibit dibawah naungan paranet agar calon tunas tidak gosong. Bibit yang baru tumbuh tidak perlu dipupuk hingga akar kuat atau tanaman telah mengeluarkan sulur pertama dan siap di grounding.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar